Thursday, June 8, 2017

Boneka-Boneka Bersejarah Di Dunia

Tiap-tiap negara tentu mempunyai ciri khas sendiri-sendiri untuk benda yang satu ini.
Yapp.. boneka. Boneka yaitu satu diantara benda favorite yang dibeli kaum wanita serta anak-anak waktu bertandang ke satu tempat. Tetapi terkadang kita tidak tau boneka apakah sebagai icon di tiap-tiap negara serta bagaimana cerita sejarahnya.
Kesempatan ini TS bakal menghidangkan sedikit penjelasan mengenai boneka-boneka dari sebagian negara. Cek Disini

3. Hinamatsuri (Jepang)

Boneka-boneka bersejarah di beberapa belahan dunia

Hina Matsuri yaitu perayaan tiap-tiap tanggal 3 Maret di Jepang yang diselenggarakan untuk mendoakan perkembangan anak perempuan. Keluarga yang mempunyai anak perempuan memajang satu set boneka yang dimaksud hinaningyō (雛人形?, boneka festival).

Satu set boneka terbagi dalam boneka kaisar, permaisuri, puteri istana (dayang-dayang), serta pemusik istana yang melukiskan upacara perkimpoian tradisional di Jepang. Baju yang dipakai boneka yaitu kimono style jaman Heian. Perayaan ini kerap dimaksud Festival Boneka atau Festival Anak Perempuan karna bermula permainan boneka di kelompok putri bangsawan yang dimaksud hiina asobi (bermain boneka puteri).



4. Matryoshka (Rusia)

Boneka-boneka bersejarah di beberapa belahan dunia

Matryoshka yaitu boneka khas Rusia yang bisa berisi bentuk boneka-boneka yang lebih kecil. Nama " matryoshka " di ambil dari nama " Matryona ", yang disebut nama dari seseorang wanita yang bertubuh gemuk. Jenis-model boneka matryoshka bisa beragam jadi contoh bentuk gadis petani dengan baju tradisional, karakter dongeng hingga beberapa pemimpin Soviet.

Boneka Matryoshka ini konon idenya datang dari Jepang serta telah ada serta jadi trade mark Russia mulai sejak th. 1890. Konon Sergei Maliutin, seseorang pelukis Russia dari Abramtsevo di inspirasi dengan boneka kayu classic Jepang Shichi Fuku Jin (7 Dewa Keberuntungan) serta Fukurokuju (boneka lelaki lucu dengan kepala botak). Pelukis ini minta pertolongan kawannya seseorang pengrajin untuk buat bonekanya serta lalu dilukisnya. Yang unik, lukisan pada boneka ini diisi narasi cerita berseri dari mulai narasi classic Russia, kepahlawanan Tsar Russia, serta bahkan juga yang tengah laku sekarang ini yaitu mengenai 'American's Friends' seperti Osama Bin Laden, bila di buka didalamnya ada Saddam Hussein, di buka lagi ada Ahmadinejad serta lain lain.


5. Barbie (USA)

Boneka-boneka bersejarah di beberapa belahan dunia

Boneka perempuan cantik dengan kaki panjang ini nampak sekitaran th. 1945 dari satu keluarga penggemar boneka. Keluarga ini di inspirasi dari putrinya yang menyukai memainkan boneka kertas. Lalu sang Ibu yang bernama Ruth Handler terasa kasian dengan anaknya bernama Barbara Handler yang senantiasa sedih saat boneka kertasnya robek. Oleh karenanya, sang ibu menginginkan membuat mainan baru supaya permainan boneka anaknya dapat bertahan lama.


Jadi dibuatlah satu boneka perempuan cantik dengan rambut pirang serta mata biru. Kaki serta lengan panjang hingga boneka itu terlihat ramping serta prima. Bentuk tubuh Barbie diakui jadi bentuk tubuh idealnya kaum wanita dalam ukuran miniatur. Nama barbie sendiri di ambil dari nama Barbara Handler

No comments:

Post a Comment